Jumat, 07 November 2014

Tips Memotret Dengan Kamera di Perangkat Android

Oppo N3
Memotret kini lebih mudah, dengan menggunakan kamera pocket, maupun kamera ponsel.
Dengan pengaturan kamera yang cukup lengkap, tidak kalah dengan denga kelas DSLR.

Beberapa tips untuk memotret menggunakan perangkat ponsel termasuk android yaitu:






  • Gunakan real resolution pada kamera, karena hasil interpolasi yang tidak baik dapat menurunkan kualitas gambar, contoh nya: Smartphone A berkamera 13 Mega Pixel, namun hardware yang di usung hanya support hingga 8 Mega Pixel, jadi alangkah baikknya gunakan yang 8 MP untuk hasil yang lebih baik, kecuali gambar akan di cetak dalam skala besar, baru menggunakan 13 MP.
  • Jangan gunakan zoom pada proses pendekatan kamera to objek, karena zoom pada kamera ponsel bersifat digital, jika di haruskan, sobat dapat melakukan manual crop, agar hasil tidak terlalu pecah.
  • Usahakan lensa atau penutup kamera terjaga kebersihan nya, untuk menghindari area foto yang blur atau distorasi.
  •  Gunakan Tripod atau Monopod untuk menjafga posisi dan gerak kamera yang stabil, dapat pula dengan bertahan nafas sejenak, ketika akan menekan tombol shutter. Lebih mudah lagi, berikan shutter shortcut pada tombol volume, seperti menggunakan aplikasi di 360. 
  • Atur pencahayaan dan pengaturan lainnya secara manual, karena mode otomatis tak selamanya baik untuk semua momen, sobat dapat melakukan tingakatan untuk exposure, ISO, dan kontras pada pencahayaan tertentu. Dan dapat pula mengatur keseimbangan tune warna untuk membidik momen yang hangat, atau dingin.

Snap Camera HDR
  •  Gunakan software pendukung, untuk hasil foto terlihat menarik dan berkelas, bisa di tambahkan efek - efek filter, seperti aplikasi kamera yang tersedia di play store, contoh nya Snap Camera HDR (Available Trial and Pro version)


Lenovo Super Camera
  • Selanjutnya, aplikasi pendukung untuk fotografi ponsel ialah, Lenovo Super Camera. Suatu software app kamera yang menunjang pengaturan kamera yang lengkap, sobat bisa cek dan download di forum XDA



DSLR Camera Pro

  •  Next, adalah aplikasi DSLR Camera Pro. Apllikasi berbayar ini sangat simple, lengkap, dan mudah di gunakan untuk fotografi, layaknya menggunakan SLR, sobat dapat mengatur manual pada viewinder, seperti exposure, histogram, skala gambar widescreen 16:9 atau rasio normal 4:3.





Camera 360


  •  Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan icon ini dikalangan selfie di setiap perangkat Android, maupun iOS. Ya, apa lagi jika bukan Camera 360. Kamera ini dikenal sebagain kamera untuk kebutuhan selfie semata, selain 360 ini terdapat pula Retrica untuk filter - filter vintage yang baik untuk selfie, kembali ke 360. Namun seperti nya seiring update nya aplikasi ini, C360 sudah banyak menambahkan filter - filter yang baik digunakan dalam hal fotografi seperti lomo, film flex, retro, loft, hdr, magic sky, dan lainnya.



Camera FV-5
Yang terakhir, aplikasi camera fv-5.
Aplikasi kamera ini, sangat cocok untuk berbagai mode foto, seperti long exposure, berbagai focus mode "sesuai hardware support". Dan sobat dapat melihat histogram pada viewinder layak nya kamera digital singel lens reflex (DSLR).
Sobat pun dapat mengatur grid, untuk komposisi foto seperti, rule of thirds, landscape, left, right, dan lainnya.


Sekian untuk, beberapa tips untuk memotret melalui perangkat ponsel Android, maupun OS Lainnya.


Silahkan untuk komentar dan saran nya dibawah.
atau bisa bertanya-tanya seputar Techno Android di 7ECE47CF

Terima Kasih..
Arigatou Gozaimasu.

(M. Aldo Parulian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk para sobat blogger khusus nya sobat Android Techno 46, Silahkan untuk berkomentar gunakan bahasa - bahasa yang bebas, namun baik, sopan , dan mudah dimengerti : ) , Kritik berupa keluh dan kesan , akan saya terima demi kemajuan saya sendiri dan blog kedepannya, Arigatou Gozaimasu - Terima Kasih - Thank You