Sabtu, 23 Mei 2015

Sensasi Dolby Atmos pada Perangkat Android

Banyaknya Teknologi Sound System, Kini telah menjarah ke produk Perangkat Pintar Mobile dan Tablet PC, Seperti yang sudah saya posting di postingan sebelumnya. Dan sekarang mari kita mengenal lebih dekat dengan teknologi yang satu ini.

The Original logo of Dolby Atmos™ from Wikipedia

Dolby, suatu Teknologi Sound System yang sudah tak asing lagi di para kalangan MultiMedia, Games, Music, Bioskop, dan Teater. Kali ini yang akan saya bahas ialah " Dolby Atmos "

Seperti yang dilansir WikiPedia , Berikut rincian untuk Dolby Atmos:

Dolby Atmos adalah nama dari teknologi surround sound Dolby Laboratories diumumkan oleh pada bulan April 2012, yang pertama kali digunakan dalam Pixar Brave.

Sejarah

Instalasi pertama adalah di Teater Dolby di Hollywood, California, untuk ofBrave première pada Juni 2012. Sepanjang 2012, melihat rilis terbatas sekitar 25 instalasi di seluruh dunia, dengan peningkatan 300 lokasi pada tahun 2013. Saat ini ada 2.000 lokasi pada Februari 2015.

Teknologi

The Dolby Atmos teknologi memungkinkan hingga 128 track audio ditambah terkait pan metadata untuk didistribusikan ke bioskop untuk optimal, render dinamis untuk pengeras suara berdasarkan pada kemampuan teater. Artinya, Dolby Atmos memungkinkan mixer rekaman ulang menggunakan Alat Plugin Pro (tersedia dari Dolby) atau Dolby Atmos dilengkapi audio format besar pencampuran konsol seperti AMS Neve ini DFC atau MPC5 Harrison, untuk menunjuk lokasi tertentu di teater, sebagai penempatan tiga dimensi, di mana masing-masing sumber suara yang dinamis harus tampaknya akan datang dari. Suara yang tidak dinamis bergerak, seperti suara ambient dan dialog pusat, masih terpisah pra-campuran dalam format multichannel tradisional. Selama pemutaran, sistem Dolby Atmos setiap teater membuat semua suara yang dinamis, dari metadata pan, secara real-time untuk membuatnya tampak seperti setiap suara datang dari tempat yang ditunjuk, sehubungan dengan speaker hadir dalam target teater. Dengan cara Sebaliknya, teknologi multichannel tradisional pada dasarnya membakar trek audio ke sejumlah tetap saluran selama pasca-produksi. Ini secara tradisional memaksa ulang rekaman mixer untuk membuat asumsi muka tentang lingkungan pemutaran yang mungkin tidak berlaku sangat baik untuk sebuah teater tertentu (sejauh kemampuan berbeda dari tahap pencampuran mana mixer bekerja).

Perangkat keras bioskop generasi pertama, "Dolby Atmos Cinema Processor" mendukung hingga 128 track audio diskrit dan sampai dengan 64 speaker yang unik feed. Teknologi ini awalnya diarahkan aplikasi bioskop komersial, namun kemudian disesuaikan dengan bioskop rumah. Selain bermain kembali standar 5.1 atau 7.1 campuran menggunakan pengeras suara dikelompokkan ke dalam array, sistem Dolby Atmos juga dapat memberikan setiap loudspeaker pakan yang unik berdasarkan lokasi yang tepat, sehingga memungkinkan banyak depan baru, surround, dan bahkan langit-langit tinggi channelsfor yang panning tepat pilih suara seperti helikopter atau hujan.

Rumah teater

Pada akhir Juni 2014, Dolby Labs 'mitra hardware mengumumkan bahwa Dolby Atmos akan segera datang ke bioskop rumah.

Di antara mereka adalah beberapa produsen mapan perangkat hiburan rumah audio visual mengumumkan produk baru yang akan membawa Dolby Atmos ke bioskop rumah di seluruh dunia dalam waktu dekat. Produk yang ditawarkan akan berkisar dari penerima bioskop rumah premium dan preamplifier untuk mid-range home theater-in-a-box (HTIB) paket dari merek-merek terkenal seperti Denon, Marantz, Onkyo, Pioneer dan Yamaha; model-juga lebih dari produsen yang kurang terkenal dan merek-akan mengikuti sebelum akhir 2014 dan melalui paruh pertama tahun 2015.

Film pertama yang akan dirilis pada Blu-ray dengan Dolby Atmos itu Transformers: Usia Kepunahan, Beberapa rilis tambahan akan tersedia pada Blu-ray Disc di toko-toko hingga akhir 2014 dan, mulai tahun 2015, akan ada banyak rilis dari kedua gelar saat ini dan katalog.

Informasi lebih lanjut tentang bagaimana Dolby Atmos akan mengintegrasikan ke dalam lingkungan Atmos Home Theater sekarang sedang diterbitkan di Web.

Ini masih harus dilihat apakah konsumen bersedia untuk merangkul lebih speaker di pasar yang mungkin menuntut kurang dari diyakini oleh beberapa pihak berwenang di industri audio.


Teknologi Dolby Atmos™ Digunakan pada Teater Bioskop

Dolby Atmos, kini hadir pada perangkat kelas Mobile , yaitu pada Perangkat Android " Lenovo A7000 " , sebuah perangkat yang memiliki spesifikasi mid end dari chip ARM MediaTek True Octa Core A53 Aristektur 64bit dengan diusung Jaringan 4G LTE yang sedang booming di Indonesia sekarang ini. Selain kelas Mobile , Tablet PC besutan Lenovo pun sudah ada yang menggunakan Dolby Atmos ini, Untuk vendor lainnya ada Tablet PC Amazon Fire HDX tipe 8.9 inch, kabar nya baru ada 4 yang resmi menggunakan Dolby Atmos ini pada kelas Mobile dan Tab.

Contoh simulasi Dolby Atmos™ pada Home Theater

Dan tanpa panjang lebar lagi, saya akan memberikan suatu teknik software include ( MOD ) yang saya dapatkan di forum Android terbesar, XDA , dan sudah ada pula yang mengshare pada beberapa group Android di situs media lainnya seperti Facebook. Dolby Atmos ini hasil porting dari Lenovo A7000 , Software ini dapat dipakai pada seluruh Device Android dengan ver. 4.3+ Hingga Lollipop, karena Lenovo A7000 sendiri berbasis Android Lollipop 5.1, dapat digunakan pada Prosesor yang berarsitektur ( ARM ) , Berikut Selengkapnya:

- Download Bahannya (disini)
- Letakkan pada luar folder di SD CARD ( Kartu Eksternal )
- Install via CWM ! bisa menggunakan recovery mod lain seperti TWRP, CTR , namun saya belum mencoba nya :)
- Lakukan Full Backup!! terlebih dahulu, karena jangan sampai ada penyesalan di akhir (memang penyesalan itu di akhir sob, hehe) * do u own risk
- File hanya 2.3MB an , jangan kaget, karena itu adalah hasil mod dari anggota di XDA, sobat tidak akan menemukan Demo Video disini, karena sudah di remove, namun menurut saya ini lebih baik, karena tidak terlalu membebankan sistem.
- Kinerja nya ketika melakukan penginstallan, akan melakukan overwrite pada audioeffect.conf , pada system>etc . Jadi karena itu alangkah baiknya backup dahulu, agar jika terdapat bug atau tidak support, dapat di restore ulang.
- Sejauh ini saya gunakan pada Smartphone dan Tablet PC dengan spek Android 4.4.2, MT6582 ARM v7, dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada error atau bug, sedikit pun. Pada Tablet yang saya gunakan UI DolbyAtmos berpenampilan Landscape , mungkin karena pengaruh aspek ratio 4:3 atau dpi display.
- Tidak terdapat widget, mungkin sudah pengaruh MOD
- Jika menggunakan Software pengolah audio seperti Viper atau apapun yang berbasis driver mohon di Uninstall dahulu, karena menyebabkan crash (FC) , dan jika yang menggunakan tweaks audio, pada init.d ataupun sistem lainnya, lebih baik di hapus terlebih dahulu, jika Dolby Atmos sukses di install, silahkan bereksperimen sesuai selera dentuman audio masing" :D
- Selsesai, Play songs , Enjoy , Dan Rasakan !

Screen Shot UI Dolby Atmos™ , Seperti Dolby DP+
Saat test memutar Video, Suara yang dikeluarkan Loud & Clarity HD




Dolby Atmos™ Booting Logo


(Video1: Review Dolby Atmos™ , for Android Device @arudochanOfficial)

#Note: Kualitas Output yang dihasilkan Speaker maupun Earphone / Headphone , tergantung pada kekuatan Hardware masing - masing Device, karena tertuju pada hal utama , ini hanyalah Software yang dapat membantu meningkatkan kualitas audio pada stock android.

Sekian , untuk Postingan tentang Dolby Atmos ini, and BIG THANKS and PERMISSION:
- WorstenBrood Senior Member on XDA Developer ( Join this thread too )
- Wikipedia™ ( About the history of Dolby Atmos™ )
- Dolby
- Google Image

Sekian, mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan.

Silahkan untuk komentar dan saran nya dibawah.
atau bisa bertanya-tanya seputar Techno Android di 7ECE47CF

Terima Kasih..
Arigatou Gozaimasu.


(M. Aldo Parulian)

12 komentar:

  1. sudah disetting trus cari play dimana (tdk nampak)

    BalasHapus
  2. Kalau musik player lain, tombol play/stop bisa tampil. kalau dolby atmos gk nampak giamana mainkannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang iwan Dolby atmos itu equalizer jadi muter di music player bawaan juga udah bisa asak Dolby'a aktiv

      Hapus
  3. Dipasang atau di push di aplikasi system android pake RootXplore bisa ga?

    BalasHapus
  4. Dibandingkan Viver4android bagusan mana?

    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Gan saya pasang aplikasi dolby atmos tap gk bisa langsung otomatis aqtif gan gimana solusinya gan...

    BalasHapus
  6. Bagusan viper poool,dolby atmos equalizernya mentog flat saja bass ama clarity g bisa geser naik.

    BalasHapus

Untuk para sobat blogger khusus nya sobat Android Techno 46, Silahkan untuk berkomentar gunakan bahasa - bahasa yang bebas, namun baik, sopan , dan mudah dimengerti : ) , Kritik berupa keluh dan kesan , akan saya terima demi kemajuan saya sendiri dan blog kedepannya, Arigatou Gozaimasu - Terima Kasih - Thank You