Jumat, 08 Mei 2015

Lindungi Pengelihatan dari Paparan Cahaya Layar Perangkat ( Screen Filter & Blue Screen Filter )




Seorang Anak sedang Asyik menggunakan Gadget nya Dalam Kondisi Gelap

Aktifitas pada Perangkat Mobile maupun Tablet PC pada zaman ini, sangatlah tinggi.
Hingga beberapa orang tidak sadar akan kesehatan pengelihatannya , Bagaimana dampak panjang pendek nya, suatu paparan cahaya dari monitor yang langsung ke Mata.

Kali ini saya akan membahas suatu Aplikasi yang dapat sangat berguna untuk penggunaan sehari - hari pada Aktifitas Indoor atau gelap menggunakan Perangkat Gadget.

Yaitu, Screen Filter & Blue Screen Filter , Apa sih kegunaan nya?
Ya, saya akan mencoba membahas nya disini.

Blue Screen Filter
Screen Filter



Kedua Icon diatas , adalah sebuah Aplikasi untuk mengatur filterisasi Cahaya yang keluar dari Layar Perangkat Gadget kita, sebuah Aplikasi yang sangat minimalis dengan size yang tidak lebih dari 500 KB ini, sangat membantu untuk menjaga mata dari serangan blue screen.
Dampak nya, mata akan terasa kabur dalam jangka waktu panjang , dan mata akan terasa cepat pegal dan lelah dalam jangka waktu tertentu.

Mungkin sudah banyak yang tau, kinerja Aplikasi ini sangatlah ringan, tidak banyak makan RAM dan Data, Bahkan Aplikasi ini dapat menghemat daya walaupun tidak signifikan, Dapat menghemat daya untuk layar Amoled dan IPS , Karena yang kita tau, teknologi layar tersebut memang memiliki tingkat kedalaman warna yang lebih Vivid dan Baik , namun sedikit membuat daya boros.

Akibat Aplikasi ini , warna yang keluaran menjadi terfilter , dan sebeb itulah daya menjadi sedikit hemat, dan mata pun terlindungi dari paparan cahaya langsung.

UI Screen Filter

UI Blue Screen Filter
UI pada kedua Aplikasi tersebut, sama - sama memiliki menu yang simpel dan sangat mudah digunnakan pada aktifitas sehari - hari.
Untuk Screen Fiter sendiri ( Memiliki satu Filtersasi warna yaitu Hitam Alami, jadi ketika kita menggunakan Filter ini, View pada ponsel tidak terganggu pada distorasi warna filter yang berlebih) , dan untuk Blue Screen Filter ( Memiliki 5 warna filterisasi, yang sangat membantu juga untuk filter terhadap paparan cahaya ke mata kita, dapat disesuaikan sesuai selera, terdapat fiter Alami , Kuning , Merah Hangat, Coklat, dan Hitam )

Namun kedua Apps tersebut memiliki sebuah fungsi juga, sobat tidak bisa menginstall apk diluar Google Play , karena ketika kita akan klik penginstallan tidak akan berjalan , matikan terlebih dahulu filternya.
Dan filter ini juga tidak boleh di atur terlalu tinggi pada " Blue Screen Filter " karena dapat mengakibatkan layar menjadi full dengan warna filter , atau Jangan mengatur terlalu rendah pada " Screen Filter " karena dapat membuat layar perangkat menjadi gelap total seolah - olah blank, namun sobat dapat mengatasi nya dengan menahan tombol tertentu selama 10 detik hingga normal kembali.

Download Disini untuk Blue Light Filter 
Download Disini untuk Screen Filter

Berikut ScreenShot Kedua Apps Filter tsb, yang saya gunakan pafa Tablet PC

Menggunakan BLF

Normal Tanpa Menggunakan Apapun

Menggunakan Screen Filter

Normal Tidak Menggunakan Apapun



Sudah terlihat kan hasilnya bagaimana, so, sayangi mata kalian ya sobat, jangan sampai semakin canggih nya teknologi , kita lupa akan kesehatan diri sendiri.
Saya juga termasuk user berat dalam penggunaan Gadget ini, bahkan sampai dibilang Perangkat ini tidak bisa lepas sehari ( sudah seperti pacar , kata orang sekitar ) entah lah mereka berfikir apa, haha.
Yang pasti, saya juga menjaga kesehatan dalam menggunakan Gadget seperti ini, Jangan kalian anggap remeh, Perangkat ini memiliki sinyal gelomabang Radio yang dapat menyebabkan radiasi, mungkin semua user sudah pada tau pastinya :) .

Ini hanyalah sebuah Aplikasi, dan pemakaian tetap tertuju pada masing - masing ya, Meredupkan layar saja terkdang belum cukup untuk mengurangi efek paparan cahaya yang tinggi.


Gambar diambil dari Penelusuran Gambar pada Google di salah satu Blog
Sekian, mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan.

Silahkan untuk komentar dan saran nya dibawah.
atau bisa bertanya-tanya seputar Techno Android di 7ECE47CF

Terima Kasih..
Arigatou Gozaimasu.


(M. Aldo Parulian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk para sobat blogger khusus nya sobat Android Techno 46, Silahkan untuk berkomentar gunakan bahasa - bahasa yang bebas, namun baik, sopan , dan mudah dimengerti : ) , Kritik berupa keluh dan kesan , akan saya terima demi kemajuan saya sendiri dan blog kedepannya, Arigatou Gozaimasu - Terima Kasih - Thank You