Senin, 27 Oktober 2014

Perangkat Android Bootloop, Buat saja BootLove

Bootloop, mungkin menjadi hal menakutkan dan membuat panik beberapa Android user yang suka memodifikasi android nya (Oprekers). Yang paling sering di modifikasi pada Android sistem pasti, Sistem UI yang harus berurusan dengan xml, dan beberapa file yang harus tepat dan sesuai, yang kedua biasanya bagian decompile>recompile framework.jar dan beberapa apps yang ingin di edit.

Namun beberapa user kurang berhati - hati, seperti lupa akan Full BackUp.
Dengan BackUp kita tidak usah membenci BootLoop karena Bootloop itu suatu yang seru bagi saya, setelah penasaran untuk mengoprek suatu sistem pada android, tiba nge brick, memang yang sudah merasakan pertama kalinya pasti panik, keringat dingin.. dll... hehehe

Itu dia, alangkah baikknya free kan sd card sebesar minimal 1.5GB untuk melakukan BackUp, karena penyesalan ya pasti di akhir sob. Jika sudah backup, mau kita memporting ROM dan kita langsung instaal tetapi brick, tak masalah kan :) .

Bootloop diketahui memiliki berapa versi nih sob, seperti:


Light bootloop
Light bootloop merupakan kesalahan ringan yang dapat terjadi karena pengguna mengutak atik system file tanpa melalui recovery mode.
Untuk mengatasinya cukup cabut baterai lalu lakukan reboot. Proses ini dapat berlangsung secara berulang ulang hingga ponsel benar benar dapat dihidupkan.
Medium bootloop
Bootloop jenis ini terjadi karena kesalahan pada recovery mode, artinya jenis CWM yang disuntikan tidak cocok dengan firmware ponsel. Bootloop ini masih dapat masuk ke recovery mode.
Untuk mengatasinya Anda harus melakukan restore back up CWM atau melalui PC odin
Hard bootloop
Jenis bootloop yang terakhir ini adalah yang paling parah karena praktis kita tidak dapat menghidupkan ponsel baik secara normal maupun masuk ke recovery mode.
untuk mengatasinya Anda harus menggunakan PC Odin seperti flash ulang menggunakan BackUp an StockROM , akan baikknya. Jika sobat senang dalam memodifikasi Android, bergabung saja ke group dengan vendor yang bersangkutan atau cari spek yang mendekati, bahkan sekarang forum untuk android pun telah beredar luaaaaas.. Seperti XDA, android Indonesia

Ya, jika sudah terjadi insiden bootloop :o . jangan panik sob.
Dengan fikiran yang fresh membawa kita ke jalan yang benar untuk menghilangkan ini
Bisa saja di bawa ke konter yang menerima jasa flashing, ya dengan biaya 50-100k pastinya, kan sayang sob, lebih baik untuk membeli kebutuhan berguna lainnya. Atau tidak ke service center vendor itu sendiri, tapi jika di fikir-fikir, belum lagi proses yang lama, dan belum tentu juga pihak sc bisa, dan membenahi seluruh masalah tersebut.

Lebih baik kerjakan sendrir, agar tidak penasaran menebak"
1. Kalian bisa cari BackUp pada group maupun forum bersangkutan untuk file yang akan di flash
2. Siapkan Keberanian + Doa tentunnya :D
3. Download saja software untuk flashing, yang sangat terkenal itu FT (FlashTool), jika chip yang kalian gunakan MediaTek series, kalian dapat mendownload driver nya dengan mudah , tinggal search di pencarian mbah google (Download driver mtk 2014), setelah itu gunakan universal android bus (ADB Installer) setelah semua nya berhasil di install ekstrak file ROM yang ber ekstensi apapun itu, zip, rar,7z, dll
4. Setelah di ekstrak pada spesificated folder (folder nya tersendiri  / create new folder) klik file scatter nya, pada flashtool . (Contoh: mt6582scatter) klik saja, dan tara file yang dibutuhkan untuk proses flashing telah ter ceklist dengan sendiri nya.
5. Tahap terakhir klik download (upgrade) dan colokan usb ke perangkat kalian (sebelumnya setelah driver terpasang di lepas dulu) , setelah klik dan masukkan , proses update akan mulai dengan sendirinya. Hinnga warna yang ter load menjadi berubah, merah, kuning, hingga hijau, dan ok! silahkan cabut dan lakukan first boot pada perangkat anda. Semoga Beruntung :)

Jadi sekarang, say no hate to Bootloop, karena bootloop, kegagalan, untuk menuju ke sempurnaan andro mu sob, hehe.

Silahkan untuk komentar dan saran nya..
atau bisa bertanya-tanya seputar Techno Android di 7ECE47CF

Terima Kasih..
Arigatou Gozaimasu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk para sobat blogger khusus nya sobat Android Techno 46, Silahkan untuk berkomentar gunakan bahasa - bahasa yang bebas, namun baik, sopan , dan mudah dimengerti : ) , Kritik berupa keluh dan kesan , akan saya terima demi kemajuan saya sendiri dan blog kedepannya, Arigatou Gozaimasu - Terima Kasih - Thank You